Kuliner Khas Kapuas Hulu Yang Legendaris (Kerupuk Basah)

Kuliner Khas Kapuas Hulu Yang Legendaris (Kerupuk Basah) - Teman dekat Daftarkuliner di sini apa pernah mencicip kulineran krupuk basah ini? JIka belum, dapat jalanan ke kalimantan barat, ibukota kabupaten kapuas hulu. JIka ke kalimantan barat tidak mencicip kulineran krupuk basah ini nama nya tidak afdol yang disebut kulineran ciri khas wilayah itu.

Kuliner-Khas-Kapuas-Hulu-Yang-Legendaris-(Kerupuk Basah)
Kerupuk Basah

Makanan dengan bahan dasar ikan ini benar-benar gampang di jumpai setiap pojok kota putussibau. Kabupaten yang berjulukan uncuk kapuas ini sebagai salah satunya pendapatan ikan air tawar paling besar di kalimantan barat.

Walau namanya krupuk, sepintas makanan ini seperti terlihat pempek ciri khas palembang ya. Yang membandingkan ialah krupuk basah atau dengan bahasa di tempat disebut temet ini dibuat lonjong memanjang dengan panjang berkisaran 15 sampai 25 cm berdiameter sekitaran 2-3 sentimeter.

Kuliner Khas Kapuas Hulu Yang Legendaris (Kerupuk Basah) - Krupuk basah ini ada dua variasi rasa favorit dari krupuk basah ini, yakni ikan ikan belida dan toman. Untuk dapat nikmati krupuk basah ini umumnya warung yang sediakan krupuk basah ini akan menyajikan dua tipe sambal cabai sesuai selera masing-masing.

Makanan krupuk basah yang diproses dengan kombinasi sedikit tepung ini di kukus lebih dulu dan terenak di cicipi saat lagi masih panas. Rasa kenyang, pedas manis dan wewangian ikan bersatu saat mulut mulai kunyah krupuk basah ini.

Untuk krupuk basah ini harga yang di pasarkan juga cukup dapat dijangkau dan tidak akan kuras kantong kok. Untuk satu tangkai atau satu porsi krupuk basah sekitar Rp.10.000 sampai Rp.15.000 bergantung ukuran dan rasa.

Walau datang dari daerah kapuas halu, makanan ini bisa juga di jumpai di beberapa kabupaten lain seperti sintang, sekadau, sanggahu, terhitung kota pontianak yang tempatnya tepat ada di sejauh saluran sungai kapuas.

Tentu beberapa sahabat daftarkuliner ini ingin tahu seperti apakah rasanya kan. Dapat di coba bila jalanan ke wilayah yang dikenali dengan panggilan "jantung Kalimantan"

Kuliner Khas Kapuas Hulu Yang Legendaris (Kerupuk Basah) - Untuk krupuk basah ini selainnya makan pada tempat bisa juga dijadikan oleh-olehan untuk dibawa pulang untuk desa halaman dan keluar di rumah. Penjual umumnya akan mempersiapkan paket dan membaluri krupuk basah ini dengan tepung sama sesuai dengann durasi waktu perjalanan yang hendak kita menempuh untuk ulangi, hingga oleh-olehan yang kita membawa pulang bisa langsung di cicipi saat datang di dalam rumah dengan di kukus ditambah dulu.

LihatTutupKomentar